8.3.11

Kraton Jogjakarta - Jogja ses 2

Sesi berikutnya ke Jogja, qta maen ke keraton. sebenernya pengen ke Prambanan tapi krn badane ga enak, panas pula akhirnya milih yang deket ajah ke keraton.

Masuknya bayar 6000 per orang. murah kan?? kalau mau foto2 harus bayar lagi. tapi karena males dan takutnya ada apa2, kita mutusin untuk gak foto2. Sekalipun bawa kamera digital juga. :D jadi ntar fotonya dari mbah google aja yah.

 Begitu masuk langsung ke bangunan pendopo yang isinya kereta2 kencana yang biasa digunakan oleh sultan maupun putra putri raja jaman dulu, termasuk kereta kencana yang digunakan waktu penobatan sultan HB X.


Kalau mau tahu lebih banyak, masuk aja ke web berikut  http://jogjakini.com/kereta-kereta-kraton-yogya/, lengkap penjelasanannya plus dilengkapi gambar juga.

Setelah melihat2 kereta kencana, perjalanan diteruskan ke sitihinggil keraton, di sebelah kiri bangsal penobatan terdapat pendapa2 untuk seperangkat gamelan, kerajinan perak khas jogja, kerajinan tembaga, pembuatan gamelan. lalu ada ruang khusus untuk pameran keris. Di bagian belakang sitinggil ada ruang pameran budaya jogja seperti candi2 yang banyak sekali ditemukan di jogja, foto2 busana prajurit, dan banyak lagi isinya. di sebelah kanan sitinggil ada ruang pamer untuk dokumen2 keraton.

Dibagian bawah pada jalur keluar ada 2 mobil dinas Sri Sultan HB IX. Gambar pertama adalah mobil Cadillac yang dipakai Sri Sultan Hamengkubuwono IX sewaktu menjabat sebagai Wakil Presiden Republik Indonesia, pada tahun 1973 sampai 1978.

Gambar berikutnya adalah mobil Ford Galaxie 500 merupakan mobil dinas Sri Sultan Hamengkubuwono IX sewaktu menjabat sebagai Menteri Koordinator Ekonomi, Keuangan dan Industri RI pada awal tahun 70an.

Semua gambar diambil dari http://suarajogja.net/photoblog/tag/keraton/.

Kalo penjelasan pengen lebih lengkap, temen2 bisa memakai jasa pemandu yang siap menjelaskan semua hal mengenai keraton dan budaya Jogja.

Masih ada 1 story lagi soal Jogja, kali ini tentang kuliner, tapi bukan kuliner khas Jogja tapi pizza. Let's see next post. hehehe...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar